Cara Edit Foto Agar Terlihat Jadul atau Klasik di Photoshop

Cara Edit Foto Agar Terlihat Jadul atau Klasik di Photoshop

Edit Foto Agar Terlihat Jadul atau Klasik

Foto Jadul di Photoshop - Diera moderen sekarang ini, semakin maju dan semakin canggih untuk alat alat yang bisa kita gunakan untuk melakukan dokumentasi baik Video maupun untuk Foto. Oleh karna itu juga kita bisa dengan mudah berkreasi dalam melakukan banyak hal dalam dunia foto atau video tersebut.

Oleh karena itu tentunya dengan seiring berjalanya waktu, hasilnya sendiri lebih real atau lebih sesuai dengan apa yang di tangkap oleh mata kita sendiri. Namun dengan ini terkadang ada saja orang yang tetap suka dengan sebuah foto yang bernuansa klasik atau foto seperti jaman dulu dan tak sedikit dari mereka yang suka akan hal itu.

Namun untuk kalian yang ingin memiliki sebuah foto dengan tampilan klasik atau jadul kalian tidak perlu khawatir sebab ini bisa kalian lakukan juga di jaman sekarang ini. Kalian bisa melakukannya dengan cara mengedit foto yang kalian miliki.

Nah, pada kesempatan kali ini mimin sendiri akan bagikan mengenai cara mengedit foto agar terlihat klasik. Sehingga kalian masih bisa merasakan sebuah foto dengan bernuansa seperti itu. Adapun untuk kalian yang ingin membuat foto dengan tampilan klasik atau jadul kalian bisa simak langkahnya sebagai berikut.

Cara Membuat Foto Klasik atau Jadul di Photoshop

Photoshop sendiri merupakan sebuah software editing foto yang memiliki banyak fitur yang bisa kalian gunakan, baik untuk sekedar mengedit warna, tampilan dan masih banyak lagi.

Adapun untuk kalian yang ingin mengedit dengan Photoshop bisa kalian gunakan dan teman teman yang mungkin belum terbiasa dengan Software satu ini kalian bisa membaca tutorialnya disini. Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuat Foto Klasik atau Jadul di Photoshop. Simal langkah langkahnya sebagai berikut :

Sebelumnya kalian bisa siapkan terlebih dahulu software Photoshop di laptop atau PC kalian. Disini Mimin sendiri menggunakan adobe Photoshop CC 2018 dan kalian bisa saja menyesuaikan atau menggunakan Photoshop yang kalian miliki saja, sebab tidak jauh berbeda hanya peletakannya saja namun kurang lebih fungsi dan kegunaannya akan sama saja.

Untuk langkah mengedit Foto Jadul atau Klasik sebagai berikut:

1. Import Foto

Langkah pertama yakni teman teman bisa import terlebih dahulu foto yang nantinya akan kalian edit untuk di buat terlihat klasik. Kalian juga bisa membuat kanfas baru dengan cara pergi kemenu File kemudian Klik New, atau kalian bisa tekan pada Keyboad CTRL+N.

2. Duplikat

Langkah kedua kalian bisa menduplikat atau membuat layer dengan file yang sama, untuk caranya kalian bisa klik pada layer gambar yang ada di sebelah kanan kemudian klik kaan dan Duplikat Layar. Untuk Cara cepatnya teman teman bisa klik pada Keyboad CTRL+J.

Jika sudah, teman teman bisa membuat layer tidak terlihat dengan cara klik Ikon mata pada layer awal yang di duplikat tadi.

3. Mengatur Saturation/Hue

Mengatur Saturation/Hue pada layer uang telah kalian duplikat sebelumnya dengan cara pergi ke menu Image > Adjusment > Saturation/Hue. atau teman teman bisa juga dengan cara tekan pada keyboar CTRL+U.

Jika sudah masuk pada Saturation/Hue kalian bisa mengatur dan menyesuaikan dengan foto yang akan kalian edit.

4. Menambahkan Efek Nois

Untuk menjadi lebih Unik dan lebih terkesan Jadul atau Klasik kalian bisa menambahkan Nois dalam foto kalian. Untuk caranya sendiri kalian bisa pergi ke menu Filter kemudian pergi ke Nois lalu Add Noise.

Disini teman teman bisa sesuaikan dengan selera dari teman teman sendiri, namun mimin sarankan untuk menambahkannya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit agar Noise itu sendiri tidak mengganggu si Foto yang kalian miliki.

5. Menambah Texture

Langkah Terakhir yakni kalian bisa menambahkan texture pada foto yang kalian miliki. Hal ini di peruntukan agar foto yang kalian miliki atau kalian edit semakin terlihat jadul.

Untuk menambah sebuah texture kalian bisa mencari dan mendownloadnya di internet atau kalian bisa klik disini. Untuk texturenya sendiri kalian bisa menyesuaikan dengan selera kalian. 

Jika sudah mendapatkannya kalian bisa Taruh Texture kedalam photoshop dengan cara Drag and drop texture yang telah kalian unduh tadi. Jika sudah kalian bisa beruman blending option dari layer tersebut menjadi Hard Light. Jika teman teman merasa efeknya kurang pas atau berlebihan teman teman bisa turunkan Opacity dari layer tersebut menjadi 50% atau bisa kalian sesuaikan dengan selera teman teman sendiri.

Selesai!

Penutup

Nah, bagaimana? Mudah bukan. Cara ini bisa kalian terapkan dengan mudah untuk membuat foto kalian menjadi klasik. Untuk kalian yang merasa sulit atau cukup ribet teman teman mungkin belum terbiasa saja dalam menggunakan Photoshop itu sendiri, teman teman perlu sering berlatih agar teman teman terbiasa dalam mengedit di Photoshop.

Mungkin sekian pemabahasan kali ini mengenai Cara Edit Foto Jadul atau Klasik di Photoshop, semoga membantu!